6 Cara Menggelar Pernikahan dengan Dana Terbatas

Jumat, 03 Agustus 2012


Biaya atau dana, seringkali jadi hal yang membuat calon pengantin pusing saat akan menggelar pernikahan. Perhitungan untuk mengadakan pernikahan itu terkadang bisa di luar batas biaya yang dimiliki.


Bagi Anda yang ingin menikah tapi memiliki budget terbatas, berikut enam cara yang bisa dilakukan untuk menghemat, seperti dikutip dari She Knows:


1. Hitung ulang jumlah undangan
Membuat daftar undangan dapat menghemat beberapa hal, yaitu jumlah cetakan undangan, jumlah porsi makanan, serta jumlah souvenir. Pastikan orang-orang yang diundang benar-benar memang mengenal Anda dengan baik. Jangan membuang-buang biaya dengan mengundang orang-orang yang tak memiliki hubungan yang dekat dengan Anda maupun pasangan.

2. Prosesi pernikahan
Jika memang budget yang Anda dan pasangan sangat ketat, maka tak perlu membuat prosesi pernikahan yang panjang, misalnya memakai adat dan sebagainya. Lebih baik padatkan jadwal pernikahan menjadi satu hari, misalnya bagi Anda yang muslim, gabungkan prosesi akad nikah dan resepsi menjadi satu. Begitu pula bagi yang nasrani, acara pemberkatan serta pesta resepsi juga bisa dijadikan satu hari. Selain menghemat biaya dalam hal prosesinya, budget untuk dokumentasi pun menjadi berkurang. Anda, pasangan serta keluarga besar tak perlu mengeluarkan tenaga yang terlalu besar untuk menjalankan prosesi pernikahan yang panjang.

3. Gunakan rekaman musik ketimbang band
Menyewa band dalam pernikahan Anda juga memerlukan biaya yang cukup besar. Jika memungkinkan, cukup sediakan rekaman lagu-lagu kenangan Anda dan pasangan, lalu gunakan pemutar musik untuk mengalunkannya. Anda hanya perlu mengeluarkan budget untuk sound system, tanpa harus menyewa band dan alat musiknya.

4. Menyewa baju pengantin
Tak dipungkiri, wanita manapun pasti ingin memiliki baju pengantinnya sendiri. Namun Anda juga harus realistis. Jika budget Anda terbatas, sebaiknya pilihlah penyewaan busana pengantin yang baik. Ketimbang memaksakan membuat baju dengan budget yang ada, hasil yang Anda dapatkan malah tidak maksimal. Kini banyak juga butik pengantin yang menyediakan penyewaan kebaya dan gaun pengantin, dengan harga yang sangat terjangkau. Anda pun tetap bisa tampil cantik di pesta pernikahan.

5. Tempat Pernikahan
Jika memang budget Anda terbatas, tidak perlu gengsi untuk menggelar pernikahan di tempat yang biaya sewanya sesuai dana Anda. Pilih gedung yang jarang disewakan secara komersial, seperti aula di dekat rumah.

Jangan malu juga untuk mengadakan pernikahan di rumah. Anda pun bisa menyulap rumah menjadi area resepsi yang menarik dan dapat menampung seluruh tamu.

6. Foto dan Video
Pernikahan menjadi momen penting untuk Anda dan pasangan serta keluarga. Tentu Anda ingin momen tersebut dapat dikenang selamanya melalui foto dan video. Berhubung dana terbatas, tidak ada salahnya meminta bantuan teman yang memang cukup ahli memotret dan merekam gambar, ketimbang fotografer ternama. Pastikan Anda sebelumnya sudah paham kualitas kerja teman tersebut.

http://judexfacti.blogspot.com/2012/08/6-cara-menggelar-pernikahan-dengan-dana.html

0 komentar:

Poskan Komentar