Masturbasi Itu Buat Kebutuhan atau Kesenangan?

Rabu, 18 Juli 2012

Jakarta, Bagi pria yang belum menikah, masturbasi mungkin sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Bahkan tak sedikit pria yang sampai ketagihan melakukan kegiatan seksual tersebut hingga beberapa kali dalam sehari. Untuk penyaluran kebutuhan atau kesenangan?
Masturbasi atau onani adalah cara stimulasi mandiri (self-stimulation) secara langsung pada organ genital yang meningkatkan gairah seksual untuk mencapai kenikmatan erotik dan berakhir dengan atau tanpa orgasme.
"Kata 'Masturbasi' berasal dari bahasa latin 'Manusturbo' yang artinya perabaan atau geseran dengan menggunakan tangan (manu). Dalam pengertian selanjutnya, maka penggunaan tangan itu tidak saja hanya ditujukan pada alamat kelamin, juga pada daerah erotik lainnya 'Erotic Zone'. (Hawari D., 1976)," jelas Dr. Andri Wanananda, MS, seksolog dan pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Secara psikologi seksual, masturbasi merupakan perilaku seksual yang paling sehat. Meski bukan cara alamiah tubuh (yang alami adalah mimpi basah), namun kegiatan ini dianggap paling sehat karena tak berisiko menghamili atau dihamili, tertular infeksi menular seksual serta tak membuat seseorang menjadi impersonal sexsual.
"Masturbasi sebenarnya bukan untuk orang-orang yang desperate, yang tidak punya pasangan. Tapi masturbasi tetap harus dilakukan untuk pria yang sudah menikah juga, karena masturbasi itu seperti 'me time', waktu untuk menikmati diri sendiri. Sama seperti spa atau ke salon, masturbasi salah satu bagian dari 'me time' tersebut," jelas Zoya Amirin, M.Psi, psikolog seksual dan pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, saat berbincang dengan detikHealth, Rabu (18/7/2012).
Masturbasi yang sehat, lanjut Zoya, bukanlah untuk memuaskan diri sendiri saat tidak memiliki pasangan seksual. Jika tujuannya demikian, maka orang tersebut bisa jadi lebih menikmati masturbasi ketimbang dengan berhubungan seksual dengan pasangan nyatanya.
Masturbasi juga bisa bikin ketagihan kalau tujuannya benar-benar hanya untuk memperoleh kepuasaan seksual.
"Masturbasi yang sehat adalah untuk mengeksplor diri kita. Kalau cewek nggak bisa orgasme, mustinya masturbasi untuk mencari spot tubuhnya. Jadi dia bisa mengarahkan pasangan musti begini saat berhubungan. Itu akan sangat membantu untuk performa secara seksual," jelas Zoya.
Namun tak banyak orang yang menyadari manfaat tersebut. Kebanyakan pria atau wanita hanya melakukan masturbasi sebagai cara pelampiasan nafsu seksual belaka. Karena dianggap mudah dan tak berisiko, maka masturbasi pun sering dianggap cara yang wajar.
"Karena itu memicu kenikmatan, begitu orang merasakan nikmat orang cenderung untuk mengulanginya," tutur Dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, seksolog dari RSUP Fatmawati Jakarta.
http://health.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar