13 Hal yang Perlu Dipersiapkan Setelah Tunangan

Senin, 30 Juli 2012

Jakarta - Anda baru saja bertunangan dan tengah mempersiapkan pernikahan? Berikut ini 13 hal yang perlu dilakukan setelah si dia melamar Anda, seperti dikutip dari Brides:
1. Tanggal Pernikahan
Menentukan tanggal pernikahan ini, pasangan memiliki cara yang berbeda-beda. Anda bisa saja menentukan tanggal berdasarkan hari istimewa, misalnya 'tanggal jadian dengan si dia' atau 'tanggal istimewa serba angka seperti 12-12-12' dan lain-lain. Apapun yang Anda pilih, cobalah lebih fleksibel. Misalnya ternyata tanggal pilihan tersebut tidak dapat disesuaikan dengan gedung atau tempat resepsi, tidak ada salahnya memilih tanggal lain.
2. Jumlah Undangan
Tulis daftar siapa saja orang yang akan Anda dan pasangan undang ke pernikahan. Tentukan apakah memang semua pihak yang akan diundang itu perlu dibuatkan undangan atau dapat Anda undang melalui Facebook, SMS atau email. Perkirakan juga berapa jumlah persisnya orang yang akan datang. Biasanya setiap undangan akan membawa pasangannya atau anaknya. Dengan mengetahui jumlahnya, Anda bisa menentukan berapa makanan yang harus dipersiapkan serta biayanya.
3. Tema dan Gaya Pesta Pernikahan
Tema dan gaya pesta pernikahan ini bisa menentukan berbagai hal. Misalnya, apakah pernikahan Anda akan digelar di tempat terbuka atau di dalam ruangan, memakai adat atau tidak, bagaimana dekorasinya, dan lain-lain.
Setelah tahu tema dan gaya apa yang akan dipakai, Anda bisa menentukan berapa budget yang diperlukan. Tentunya semakin sederhana tema yang dipilih, makin kecil biayanya. Namun bukan berarti sederhana itu tidak baik. Anda bisa bermain dengan warna untuk membuat pesta tampak menarik.
4. Tentukan Tempat Pernikahan
Setelah tahu tema dan gaya pesta pernikahan, Anda pun bisa menentukan di mana acara akan diadakan. Dalam memilih tempat, jangan lupa untuk memperkirakan berapa orang yang akan Anda undang. Pilihlah lokasi yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah undangan Anda.
Memesan tempat pernikahan sejak jauh-jauh hari akan lebih baik, karena harganya bisa lebih murah. Kalau terlalu mepet, Anda belum tentu mendapatkan sesuai tanggal yang diinginkan dan harganya bisa jadi lebih mahal.
5. Uang
Bicara soal uang, khususnya untuk biaya pernikahan, memang bukan hal yang bisa membuat Anda dan pasangan tersenyum. Tapi uang harus diprioritaskan. Rencanakan budget pernikahan sedini mungkin. Hal yang sangat mempengaruhi biaya pernikahan adalah jumlah tamu undangan dan bagaimana gaya pernikahan Anda.
Siapa yang menanggung anggaran pernikahan ini ditentukan sesuai kesepakatan Anda dan pasangan. Sekarang ini cukup banyak pasangan yang saling berbagi menanggung biaya tersebut.
6. Pilih Gaun atau Kebaya Pengantin
Sebaiknya jangan beli atau jahit gaun atau kebaya pengantin sampai tahu tema dan gaya pesta pernikahan Anda. Pilihlah gaun atau kebaya yang memang membuat Anda nyaman. Jika budget terbatas, saat ini ada banyak pihak yang menyewakan kebaya atau gaun pengantin.
7. Undangan & Souvenir
Sama seperti kebaya atau gaun pengantin, Anda mulai bisa membuat undangan setelah tahu tema dan gaya pesta pernikahan Anda, tanggal dan lokasinya. Perlu diingat, semakin banyak jumlah orang yang diundang, semakin besar juga biaya untuk mencetak undangannya. Tren 2012, undangan dan souvenir kini dibuat semakin personal sesuai dengan karakter Anda dan calon suami.
8. Situs Pernikahan
Teknologi semakin maju, jadi tidak heran kalau kini banyak pasangan yang memiliki situs pernikahan sendiri. Di situs tersebut Anda bisa menginformasikan di mana lokasi pernikahan dan petanya. Anda juga bisa menambahkan informasi, bagaimana caranya untuk mencapai lokasi tersebut. Dengan membuat situs ini, Anda bisa sedikit berhemat dalam mencetak undangan.
9. Dokumentasi Pernikahan
Fotografer dan pihak yang membuat video pernikahan Anda juga termasuk hal penting untuk dipersiapkan. Sayangnya menemukan pihak-pihak yang bisa melakukan dua hal tersebut dengan baik tidaklah mudah. Apalagi jika budget Anda terbatas. Sebelumnya wolipop pernah menuliskan bagaimana tips memilih fotografer untuk pernikahan di sini.
10. Memesan Catering
Saat memesan catering, Anda tidak hanya menentukan apa saja makanan dan minuman yang akan disajikan. Anda juga perlu menentukan bagaimana menghindangkan makanan dan minuman tersebut, apakah dengan cara prasmanan/buffet atau pondokan. Sekarang ini cukup banyak pengantin yang menyajikan makanan-makanannya dalam bentuk pondokan. Sebelumnya wolipop pernah memberikan tipsnya dalam memilih konsep penyajian makanan di pernikahan, prasmanan atau pondokan, di sini. 
11. Tenda & Pelaminan
Tenda diperlukan jika memang Anda menggelar pernikahan di tempat terbuka. Biasanya tenda ini disewakan satu paket dengan pelaminan. Harga tenda dan pelaminan tersebut tergantung kerumitan tema dan gaya pernikahan Anda. Kalau Anda ingin pelaminan dengan hiasan banyak bunga dan tambahan detail lainnya, tentunya harganya bisa lebih mahal ketimbang pelaminan yang biasa saja. Begitupun dengan tenda. Semakin panjang tenda yang dipesan, makin banyak uang yang harus dipersiapkan.
12. Musik
Anda juga perlu menentukan siapakah nanti yang akan menghibur tamu undangan Anda. Apakah musiknya akan datang dari pemain band, DJ atau CD? Pilihan tersebut tentu sangat mempengaruhi budget Anda. Tips untuk memilih musik di pernikahan, pernah ditulis wolipop di sini.
13. Tata Rambut & Makeup
Saat Anda sudah mulai menjahit gaun atau kebaya pengantin, Anda bisa mulai memilih tata rambut dan makeup seperti apa yang akan Anda pakai saat menikah nanti. Dalam memilih tata rambut dan makeup ini Anda bisa minta bantuan hairstylist dan makeup artist pilihan Anda. Biasanya mereka juga tidak sungkan melakukan tes makeup dan rambut untuk mengetahui apakah memang sesuai untuk Anda atau tidak.
Wolipop.com

0 komentar:

Poskan Komentar