Rekor Dunia! Penyelam Tahan Nafas 22 Menit dalam Air

Selasa, 05 Juni 2012




Seorang penyelam asal Jerman, Tom Sietas, baru saja menorehkan rekor dunia. Ia berhasil menahan napasnya lebih dari 20 menit ketika berada di dalam air pada akhir pekan lalu.


Tom berhasil mencatat angka 22:22 menit bertahan tanpa oksigen di dalam air. Pria berusia 35 tahun itu mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh yaitu Ricardo Bahia. Penyelam asal Brasil itu mampu menahan napasnya selama 20:21 menit.

Pemecahan rekor ini dilakukan di China, dalam sepasang tangki yang diletakkan berdampingan satu sama lain. Ia melakukannya bersamaan dengan Ricardo dan keluar sebagai pemenang. Mereka menyelam di air dengan suhu 5 derajat celcius yang perlahan dinaikkan hingga 40 derajat celcius .

Tom mengatakan dulu ia terbiasa tidak makan dalam jangka waktu 5 jam sebelum memulai aksinya. Hal itu dilakukan untuk memperlambat metabolisme tubuh. Ia juga memasukkan oksigen murni ke paru-paru, namun sekarang bisa melakukan tanpa menghirupnya.

Sejak tahun 2000 Tom berkali-kali berusaha memecahkan rekor ini. Ia juga mampu berenang di dalam air untuk waktu lama tanpa bernapas. Tom memang memiliki kapasitas paru-paru 20 persen lebih besar dari manusia rata-rata. (wk/mr)

http://www.wowkeren.com

0 komentar:

Poskan Komentar