Hapus Logo Salib, Madrid Raih Rp9,5 Triliun

Jumat, 01 Juni 2012

MADRID — Setelah resmi mengumumkan penghapusan tanda salib pada logo klub bagian atas, Real Madrid mendapat keuntungan besar dari segi finansial. Penghilangan gambar salib tersebut dilakukan demi memperkuat basis penggemar di kalangan Muslim di Timur Tengah.

Menurut surat kabar olahraga utama Spanyol, Marca, perubahan dilakukan untuk “menghindari segala bentuk kebingungan atau salah tafsir di wilayah, di mana mayoritas dari populasi penggemar Los Blancos adalah Muslim.”

Pihak Madrid mengatakan, keputusannya untuk menghilangkan salib dari logonya hanyalah sebuah langkah untuk mengembangkan bisnis secara global. Namun kritikus mengkritik langkah itu dianggap sebagai satu lagi erosi budaya Eropa.

Langkah Madrid yang memicu kontroversi tersebut membuat mereka mendapat proyek besar di Timur Tengah. Mereka diberi ijin untuk membangun resor olahraga di Uni Emirat Arab senilai 1 miliar US dolar atau sekitar Rp 9,5 triliun.

Batu pondasi pembangunan di lahan seluas 50 hektare tersebut sudah dilakukan dan dijadwalkan resor tersebut dibuka untuk publik mulai Januari 2015. Kompleks ini akan mencakup sebuah hotel dengan 450 kamar mewah, villa mewah, pelabuhan olahraga, dan pertama kalinya di dunia sepakbola stadion yang terbuka ke laut.

Perwakilan Madrid mengatakan, resor yang akan menjadi taman hiburan pertama di sebuah pulau buatan itu untuk menggabungkan sarana pariwisata dan olahraga. Sehingga dapat dikatakan akan menjadi kompleks rekreasi pertama yang dibangun di bawah merek dagang peraih Liga Champions sembilan kali tersebut.

“Ini adalah langkah yang menentukan dan strategis, yang akan meningkatkan kekuatan klub di Timur Tengah dan Asia,” kata pernyataan resmi klub.

http://www.republika.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar