Tips Aman Cabut Flashdisk: Langsung Copot Saja!

Senin, 07 Mei 2012

JAKARTA - Kebanyakan pengguna Windows mungkin sudah terbiasa atau ditekankan untuk tidak pernah mencabut perangkat flash disk (USB flash drive) atau hardisk eksternal tanpa lebih dulu meng-klik "safely remove hardware" di system tray. Ternyata itu tak selamanya perlu lho!

Awalnya, alasan pengguna dianjurkan mencopot dengan melakukan rutinitas itu untuk memastikan Windows tidak sedang sibuk membaca atau menulis ke flash disk ketika Anda mencopotnya. Konon itu bisa membuat data corrupt atau perangkat rusak.

Namun, seperti dilansir PC World, Anda juga bisa mencopot secara aman tanpa repot mengklik "Safely Remove Hardware" lebih dulu. Dan seperti diungkap dari hasil test 7tutorial, ini tidak merusak flash drive. 

Yap, daripada repot meng-klik setiap kali ingin mencopot flashdisk, Anda bisa dengan mudah cukup langsung mencabutnya saja. Bahkan opsi ini mungkin tanpa sadar sudah aktif di sistem Anda saat ini.
Untuk mengetahui/mengaktifkannya cukup lakukan ini:

1. Colokan flash disk ke PC, lalu buka windows explorer.
2. Temukan drive flash disk Anda di jendela windows. Misalnya drive dengan nama "USB2.0 Flash Disk USB Device."
3. Klik kanan pada drive tersebut, lalu klik Properties.
4. Klik tab bertuliskan Policies; Anda akan menemukan tampilan seperti ini:


5. Jika opsi pertama, Quick Removal, sudah terpilih, maka Anda sudah tidak perlu melakukan apa apa. Seperti tertulis dalam deskripsinya, "you can disconnect the device safely without using the Safely Remove Hardware notification icon."
Yang jika diterjemahkan: Anda dapat memutuskan koneksi perangkat dengan aman tanpa menggunakan ikon notifikasi "Safely Remove Hardware."
Namun, jika yang terpilih adalah opsi Better performance, klik Quick Removal dan lanjutkan dengan mengklik OK.

Catatan: Langkah-langkah ini berbasis pada Windows 7. Bagi Windows versi lain tampilannya bisa berbeda.

0 komentar:

Poskan Komentar