Studentbook, 'Facebook'-nya Pelajar, Guru dan Orang Tua Indonesia

Rabu, 02 Mei 2012

Namanya, Studentbook. Secara singkat, boleh dibilang inilah 'Facebook' untuk para pelajar. Yang menarik, situs jejaring sosial ini tidak hanya melayani para pelajar, tetapi juga menghubungkan orangtua murid dan gurunya sekaligus.


Asyiknya lagi, sistem Studentbook ini dilengkapi dengan SMS notifikasi perkembangan akademik siswa kepada orang tua masing-masing yang dikirim setiap hari melalui telepon selular mereka. Keuntungan dari SMS notifikasi ini adalah orang tua bisa memantau secara penuh perkembangan akademik anaknya di sekolah. 

Melalui SMS notifikasi ini orang tua selalu mendapatkan up-date harian tentang absensi siswa (setiap jam pelajaran), tugas-tugas (PR) yang diberikan, materi-materi yang sudah diajarkan, pelajaran yang perlu disiapkan, saran dari guru, dan pengumuman-pengumuman resmi dari sekolah. 

‘’Dengan demikian, orang tua memiliki kontrol penuh atas perkembangan akademik anaknya di sekolah. Melalui studentbook, kami berusaha menjembatani internet sehat bagi para siswa,’’ ujar Asykuri ibn Chamim, salah satu penggagas Studentbook.

Untuk orangtua, selain komunikasi, lewat situs ini juga bisa mengontrol nilai dan pekerjaan rumah anak. Ini karena tersedia menu berupa surat ke siswa, surat ke guru, cek nilai siswa dan cek tugas siswa.
Bagi sang guru, situs ini menyediakan akses untuk memberikan PR, memberi nilai, komunikasi efektif dengan siswa, orangtua siswa, dan antara guru yang bisa berasal dari satu sekolah atau bahkan sekolah lain.
Sedangkan untuk si pelajar sendiri, Studentbook berguna untuk melihat dan mengirimkan PR, mendapatkan nilai dari guru, bergaul sesama siswa, diskusi kelompok, sampai berdiskusi dengan orangtua. Dengan fitur atau menu yang mirip Facebook, pelajar bisa nyaman membahas segala urusan sekolah dengan cara yang lebih nyaman.
Untuk mengakses Studentbook, klik saja http://www.studentbook.co.id/ dan lakukan register.

0 komentar:

Poskan Komentar