Selama 13 Tahun, Sejak TK Hingga SMA Gadis Hawai Tak Pernah Absen Sekolah

Minggu, 06 Mei 2012

Ciara Cetraro
Prestasi di sekolah tidak hanya ditorehkan melalui nilai yang tinggi, seperti yang dilakukan Ciara Cetraro. Ia tercatat tidak pernah absen dari kegiatan belajar di bangku kelas. Ciara pun selalu masuk sekolah selama 13 tahun ini.

Ciara yang belum pernah absen sejak duduk di bangku TK hingga SMA ini berarti mengumpulkan "jam terbang" sebanyak 2 ribu hari. Cewek berusia 17 tahun ini mengaku enggan absen karena takut kehilangan sesuatu yang penting. Jadi dengan masuk setiap hari ia semakin bisa memperluas pengetahuannya.

"Aku tidak pernah lakukan untuk pengakuan atau penghargaan. Ini selalu menjadi pilihan pribadiku," tutur Ciara. "Sekolah sangat penting untukku dan aku menyukainya. Aku selalu takut mungkin melewatkan hal penting jika tidak masuk sekolah."

Berkat prestasinya itu Ciara pun mendapat kehormatan memberikan pidato upacara perpisahan di sekolahnya, Konawaena High School. Dewan pendidikan pun memuji dengan menyebut ini sebagai "prestasi luar biasa".

Hal tersebut memang istimewa karena Ciara bersekolah di Hawai yang rentan dengan sikap siswanya terus-menerus membolos. Catatan dinas pendidikan di sana menyebutkan rata-rata ketidakhadiran siswa di sekolah mencapai 10 persen tiap tahun. Sekitar 12 ribu siswa melewatkan 15 hari selama semester pertama tahun ajaran.

0 komentar:

Poskan Komentar