'The Scream', Lukisan Orang Menjerit jadi Lukisan Termahal di Dunia (Pic+)

Jumat, 04 Mei 2012

 Edvard Munch
'The Scream' oleh Edvard Munch ini mengalahkan karya Picasso sebagai lukisan termahal di dunia yang pernah dilelang.
Sebuah lukisan membuat publik internasional tercengang karena terjual dengan harga fantastis. Lukisan sederhana dengan gambar orang tengah menjerit berhasil laku USD 120 juta (Rp 1 triliun) di balai lelang Sotheby's, New York.

Lukisan tersebut berjudul "The Scream" karya Edvard Munch. Karya ini ada empat versi yang dibuat sekitar 1893 hingga 1910. Namun yang tiga disimpan di museum Norwegia dan sempat dicuri meski akhirnya kembali lagi.
Lukisan yang dibuat pada 1895 itu mengungguli goresan Pablo Picasso berjudul "Nude, Green Leaves and Bust". Lukisan ini terjual sebesar USD 106,5 juta (Rp 981 miliar) di balai lelang Christie pada 2010.

Balai lelang mengaku ada 2 pengusaha kaya yang memperebutkan lukisan ini hingga mencapai harga tersebut. Namun, panitia lelang tidak memberitahukan identitas pemenang lelang. Hasil pelelangan ini rencananya digunakan untuk mendanai museum yang didedikasikan bagi Munch.

Bagi pakar seni, "The Scream" wajar dihargai dengan jumlah fantastis. Keistimewaan lukisan itu ada pada obyek yang menjerit tersebut adalah potret sebuah jiwa. Selain itu, perpaduan warna latar belakang obyek juga memiliki makna misterius, bisa terkesan cerah maupun suram.



0 komentar:

Poskan Komentar