Manchester United Klaim Miliki Fans Terbanyak di Dunia

Selasa, 29 Mei 2012

United punya massa dua kali lipat dari saingannya seperti Barcelona, Chelsea, Liverpool, dan Real Madrid
Manchester United memang tidak meraih satupun gelar musim ini. Namun bicara popularitas, skuad yang diasuh Sir Alex Ferguson itu masih yang nomor wahid di dunia. Setidaknya itulah klaim yang diucapkan klub asal Inggris tersebut.


Melalui situs resminya, United merilis sebuah hasil survei yang dilakukan Kantar. Hasilnya, Setan Merah diklaim sebagai klub berbasis suporter tertinggi dengan jumlah 659 juta orang di seluruh dunia.

Benua Asia menjadi basis suporter terbesar United dengan jumlah 325 juta dengan Republik Rakyat Cina sebagai penyumbang terbesar berjumlah 108 juta. Afrika dan Timur tengah menyumbang 173 juta, sementara Benua Eropa 90 juta dan Amerika 71 juta orang.

Seperti disebutkan di situs Forbes, bila hasil survei ini benar adanya, maka United berhasil menggandakan jumlah suporternya di tahun 2007. Artinya United punya massa dua kali lipat dari saingannya seperti Barcelona, Chelsea, Liverpool, dan Real Madrid.

"Sir Alex (Ferguson) telah bekerja dengan sangat baik selama 25 tahun untuk memastikan kami memiliki tim muda, menarik, dan berkarakter menyerang. Saya sangat yakin, kecenderungan saat ini akan bertahan," ujar Direktur Komersial MU Richard Arnold.

"(Kompetitor) datang dan pergi. Pada awal masa Sir Alex, pesaing kami adalah Liverpool. Kami mengalami fase ketika Arsenal menjadi penantang kami. Kemudian Chelsea."

"Tahun ini, kami finis di urutan pertama, dan Manchester City menjadi juara karena unggul selisih gol. Kompetitor datang dan pergi, seiring berjalannya waktu. Satu hal yang tetap stabil adalah Manchester United. Itu kenapa Anda melihat pertumbuhan ini, dalam hal jumlah suporter, dan kami terus menjadi tim paling populer di cabang olahraga paling populer di dunia," tuturnya.

Selain soal basis suporter, United juga masih tercatat sebagai klub terkaya di dunia. Berdasarkan laporan Forbes April 2012, kekayaan United ditaksir mencapai 2,24 juta dollar US (Rp20,5 triliun) dengan estimasi nilai brand sebesar 293 juta dollar US.

0 komentar:

Poskan Komentar