Kocak! Penelitian Ilmuwan China yang Bikin Ha.. ha.. ha..

Selasa, 01 Mei 2012

Pineapple Science Prize (China.org)
Salah satu penelitian yang memperoleh penghargaan berjudul "Cara Efektif untuk Mengatasi Kenaikan Harga di Kantin Kuliah"
Shanghai, Setelah Ig Nobel Prize yakni penghargaan untuk penemuan unik-unik dan mencengangkan karena tak bisa masuk nominasi Hadiah Nobel, kini muncul 'Pineapple Science Prize' di China yang membuat orang terpana.

Hadiah Nobel sering dijadikan patokan prestasi tertinggi ilmuwan. Tetapi banyak penelitian yang mencengangkan dan sedikit masuk akal yang mungkin dapat Nobel tapi mendapat Ig Nobel Prize.

Kini China pun mengikuti jejak Ig Nobel Prize. Nama penghargaannya 'Pineapple Science Prize' dengan slogan 'Tertawa dan Pikirkan'.

Penghargaan ini untuk menghargai penelitian dengan imajinasi yang besar dan membangkitkan antusiasme publik terhadap ilmu pengetahuan meskipun kadang tak masuk akal.

Penghargaan tersebut dinamakan 'Pineapple Science Prize' karena filosofi buah nanas yang memiliki warna cerah dan rasa menyenangkan meskipun memiliki bentuk yang aneh.

"Harapan dari terselenggarannya acara ini adalah lebih banyak orang yang mengenal sains dan ilmu pengetahuan dan menjadi lebih populer di kalangan masyarakat," kata Ji Shisan, pendiri dan CEO Guokr.com yang membuat penghargaan ini, seperti dilansir Shanghaidaily, Selasa (1/5/2012).

Ji mengaku terinspirasi oleh 'Ig Nobel Prize, dan memutuskan untuk membuat hadiah bagi penelitian-penelitian yang tampak aneh tetapi tetap dikerjakan serius dengan metode ilmiah.

Penghargaan tersebut mencakup penelitian di lima bidang termasuk fisika, kimia, kedokteran dan biologi, matematika, dan psikologi.

1. Penghargaan dalam bidang psikologi
Penghargaan ini diberikan kepada Zhou Xinyue, seorang profesor di Department of Psychology of Sun Yat-Sen University.

Zhou menang berkat penelitiannya yang membuktikan bahwa menghitung uang dapat memberikan kekuatan untuk mengurangi rasa sakit. Penelitian tersebut kemudian diterbitkan makalah yang berjudul Nature.

"Saya merancang percobaan untuk membiarkan orang menghitung uang sebelum mencelupkan tangannya ke dalam air panas untuk melihat seberapa lama orang tersebut dapat bertahan. Percobaan ini diulang oleh BBC dalam sebuah film dokumenter dengan air dingin," kata Zhou.

2. Penghargaan Medis dan Biologi
Diberikan kepada penelitian terhadap kromosom Y yang menjadi petunjuk keturunan Kaisar Cao Cao.

Ini merupakan penelitian dari para peneliti yang berasal dari MOE Key Laboratory of Contemporary Anthropology, School of Life Sciences and Department of History, Fudan University, dan CAS-MPG Partner Institute for Computational Biology.

Hadiah diberikan oleh Barry Marshall, seorang fisikawan Australia dan pemenang nobel Physiology or Medicine.

3. Penghargaan dalam bidang Fisika, diberikan kepada penelitian tentang manipulator uang yang dikendalikan oleh otak,

4. Penghargaan bidang Matematika diberikan untuk robot yang dapat menari

5. Penghargaan dalam bidang Kimia diberikan kepada penelitian tentang bahan sup ayam yang bergizi.

Hasil penelitian para ilmuwan yang memenangkan penghargaan dipublikasikan di majalah professional science atau disajikan dalam konferensi akademis. Juri ahli yang menilai penelitian-penelitian tersebut terdiri dari ilmuwan-ilmuwan China tingkat atas.

Berikut adalah daftar judul penelitian yang memenangkan Pineapple Science Award :
Bidang Psikologi - "Menghitung Uang Membuat Orang Merasa Tenang"
Bidang Matematika - "Robot Berdansa"
Bidang Fisika - "Otak Monyet Mengontrol Tangan Robot"
Bidang Kimia - "Sup Ayam yang Direbus dalam Panci Tembikar Rasanya Lebih Enak"
Bidang Penemuan - "Pengamat Kuno"
Bidang Biologi - "Rahasia DNA Cao Cao"
Bidang Fantasi - "Xiao Lingtong Berkelana ke Masa Depan"
Bidang Penghargaan Pineapple U - "Cara Efektif untuk Mengatasi Kenaikan Harga di Kantin Kuliah" dan "Dispenser Gadis Manis"

0 komentar:

Poskan Komentar