Inilah Cara Mengetahui Seberapa Anda Kecanduan Facebook

Rabu, 09 Mei 2012

London – Bagi beberapa pengguna, Facebook bisa seadiktif obat-obatan terlarang. Kini ilmuwan berhasil merancang tes sederhana guna mengetahui apa Anda pecandu jejaring sosial ini.


Sebanyak 85% pengguna Facebook mengakses situs ini tiap hari. Di sisi lain, menggunakan jejaring sosial mengaktifkan ‘hadiah’ yang sama seperti saat melakukan hubungan seks, makan dan menerima uang.

Terdapat enam titik skala yang akan menentukan apakah seseorang menggunakan situs ini secara sehat atau sangat tidak sehat seperti dikutip DM. ‘Enam elemen inti kecanduan’ ini serupa yang digunakan dokter untuk mengidentifikasi pecandu alcohol dan obat.

Keenam elemen ini adalah, arti penting, modifikasi suasana hati, toleransi, penarikan, konflik dan kambuh. Jawab sejumlah pertanyaan berikuti dengan skala 1=sangat jarang, 2=jarang, 3=kadang-kadang, 4=sering dan 5=sangat sering.

Pertanyaan pertama, Apa Anda menghabiskan banyak waktu memikirkan atau merencanakan menggunakan Facebook? Kedua, Apa Anda merasa ada dorongan menggunakan Facebook lebih sering?

Ketiga, Apa Anda menggunakan Facebook untuk melupakan masalah pribadi? Keempat, Anda mencoba mengurangi menggunakan Facebook namun gagal? Kelima, Anda menjadi resah jika dilarang menggunakan Facebook?

Terakhir, Apa Anda menggunakan Facebook secara berlebihan hingga menimbulkan dampak negatif pada pekerjaan atau sekolah?

Jika Anda menjawab 4 (sering) atau 5 (selalu) setidaknya pada empat poin tersebut, maka Anda resmi kecanduan Facebook.

Bagaimana dengan Anda? [mor]

0 komentar:

Poskan Komentar