Ruang Anechoic Orfield Labs', Ruangan Paling Sunyi di Dunia

Rabu, 04 April 2012

 Orfield Labs' Anechoic Chamber
Ruangan yang ada di Amerika ini menyerap 99,99 persen suara dan membuat orang berhalusinasi bila terlalu lama berada di dalamnya.

Keadaan yang sunyi membuat seseorang merasa nyaman, namun tidak dengan sebuah ruangan di Amerika ini. Saking sunyinya tidak ada orang yang mampu bertahan lama duduk di sana. Di ruangan anechoic itu manusia jadi si sumber suara.

"Kami menantang orang-orang untuk duduk di ruang gelap dan ada satu orang yang bertahan selama 45 menit," ungkap pemilik laboratorium itu, Steven Orfield. "Saat sunyi telinga akan beradaptasi. Semakin sunyi akan makin banyak yang kamu dengar. Kamu akan mendengar detak jantung, paru-paru dan perutmu sendiri."

 
Kondisi sangat sunyi itu didapat dari desain ruangan yang menggunakan fiberglass acoustic setebal 1 meter. Selain itu juga memiliki dinding ganda baja terisolasi dan kaki beton tebal. Ruangan yang menyerap 99,99 persen suara ini berada di Orfield Laboratories, South Minneapolis.

Tak heran bila Guinness World Record mencatatnya sebagai ruangan paling sunyi di dunia. Jika seseorang berada terlalu lama di sana akan mengalami halusinasi. Bahkan saat berada di dalamnya akan mulai kehilangan orientasi dan tanpa sadar duduk di kursi.

Ruang anechoic ini juga digunakan oleh banyak perusahaan di Amerika, termasuk untuk menguji astronot NASA. Mereka dites untuk melihat berapa lama ketahanan mereka sebelum halusinasi terjadi dan apakah bisa melaluinya. Sedangkan Harley-Davidsons memakai untuk pembuatan mesin dengan suara lebih halus. 

0 komentar:

Poskan Komentar