Ngomong Sendiri Ternyata Bermanfaat Lo!

Rabu, 25 April 2012

Teman, atau bahkan diri Anda sendiri mungkin pernah merasa malu karena sering berdialog dengan diri sendiri. Atau, itu sudah menjadi semacam kebiasaan yang sulit dihindarkan.
Nah, sebuah penelitian menunjukkan bahwa obrolan monolog itu sebenarnya bisa bermanfaat bagi otak.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal triwulanan Psikologi Eksperimental itu, seperti dilansir dari huffingtonpost.com, menyatakan bahwa berbicara dengan diri sendiri ketika sedang mencari sesuatu ternyata dapat membantu kita menemukan apa yang kita cari itu dengan lebih cepat.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari University of Wisconsin-Madison dan University of Pennsylvania. Ekperimennya sederhana. Peserta dihadapkan pada 20 gambar. Kemudian, peserta diminta untuk mencari benda tertentu. Beberapa hanya diarahkan dengan label untuk mencari benda tersebut, sementara yang lain diminta untuk mencarinya sambil mengulang nama benda tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengulang nama benda tersebut dengan lantang, mampu menemukan lebih cepat daripada yang tidak mengulang nama benda. Tak jarang, saat kita kehilangan sebuah benda, kita cenderung mengingat kembali saat sebelum barang tersebut hilang, dengan berbicara kepada diri sendiri. Itu cukup membantu, benar?

0 komentar:

Poskan Komentar