Aplikasi Kontroversial 'Penguntit Wanita' Ditarik dari App Store

Senin, 02 April 2012

 Girls Around Me
CALIFORNIA -  Setelah dikeluhkan berbagai pihak, pengembang  akhirnya menarik sebuah aplikasi yang memungkinkan fanboy (penggemar produk Apple) ‘menguntit’ wanita. ‘Girls Around Me’, merupakan aplikasi yang menggunakan layanan berbasis jejaring sosial, Foursquare.

Dilansir dari Tech Eye, Senin (2/4/2012), keputusan untuk menarik aplikasi tersebut karena pengembang berpikir aplikasi itu tidak bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

‘Girls Around Me’ menggunakan Foursquare, layanan berbasis lokasi mobile untuk menemukan lokasi penggunanya. Kemudian aplikasi ini akan memindai wanita yang baru saja check-in pada layanan tersebut. Setelah berhasil mengidentifikasi wanita tadi, yang tentu saja mereka tidak tahu telah ‘diamati’, pengguna bisa terhubung melalui Facebook dan melihat nama lengkap, foto profil serta mengirim pesan.

Ketika mendaftar di Girls Around Me ini, pengguna akan diminta untuk log-in ke Facebook dan memberikan informasi pribadi. Setelah terhubung ke Facebook, aplikasi itu akan meminta segala macam mulai dari membutuhkan orang untuk berbagi informasi mereka, informasi profil, foto dan alamat email.

Selain itu, aplikasi ini juga akan meminta izin untuk mengakses data penggunanya bila tidak menggunakan aplikasi tersebut dan memposting update status, foto dan lainnya.

“Ini akan menjadi aplikasi yang berbeda jika tidak terhubung ke Facebook. Jejaring sosial (Facebook) merupakan harta karun informasi dan dengan dihubungkan maka aplikasi ini dapat dengan mudah menjadi aplikasi ‘penguntit wanita’,” ujar seorang dosen hukum di Stanford, California, Amerika Serikat, Elizabeth Stark, seperti dilansir dari New York Times, Senin (2/4/2012).

Menurut Stark, Foursquare memiliki tanggung jawab untuk menginformasikan penggunanya terhadap konsekuensi yang harus dihadapi jika menghubungkan akun dengan lokasi. “Pengguna harus diberikan pilihan yang jelas di dalam aplikasi, tapi tampaknya hal itu tidak terjadi. Dalam banyak kasus memang ada masalah tentang informasi, di mana pengguna dari layanan ini tidak mengerti tentang konsekuensi. Ini adalah contoh sempurna untuk menguntit orang,” jelasnya.

Aplikasi ‘penguntit’ ini pertama kali ditemukan sebuah blog, Cult of Mac, yang ternyata dibuat oleh perusahaan Rusia, bernama SMS Service O.o.o. Lalu setelah artikel diterbitkan, juru bicara Foursquare mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa aplikasi itu merupakan sebuah pelanggaran terhadap kebijakan API (Application Program Interface) mereka. “Kami telah memberikan penjelasan pada pengembang dan mematikan akses API mereka” katanya.

Sementara itu Facebook dan Apple tidak merespon pertanyaan, apakah aplikasi tersebut diberikan izin terlalu banyak dan melangkah terlalu jauh dalam pengumpulan data.

Aplikasi ini juga memungkinan pengguna untuk mencari pria di dekatnya, tapi pada pengaturan standar akan mencari wanita seperti nama aplikasi tersebut, Girls Around Me.
(fmh)

 http://techno.okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar