8 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Energi Seketika

Rabu, 18 April 2012

Jakarta, Ketika waktu menjelang siang hari, rasa kantuk dan lelah sering datang menyerang. Hal ini wajar karena simpanan glukosa di tubuh mulai menurun. Namun karena belum saatnya istirahat siang, maka tidur siang bukanlah pilihan.

Seperti dilansir health.com, Kamis (19/4/2012), berikut adalah beberapa trik sederhana dapat dilakukan untuk meningkatkan energi dengan seketika.

Menguap
Menguap bukan melulu pertanda sedang mengantuk atau bosan. Menurut penelitian, menguap adalah mekanisme yang dilakukan tubuh untuk mendinginkan otak dan pada dasarnya membuat otak tetap terjaga.

Berjalan-jalan
Bberjalan-jalan sebentar saja sudah dapat membuat tubuh lebih segar dan semangat. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Personality and Social Psychology, berjalan-jalan selama 10 menit saja memiliki efek membuat tubuh segar kembali untuk 2 jam ke depan.

Menonton YouTube
Melihat video-video lucu di situs internet dapat meningkatkan suasana hati. Tertawa juga dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan denyut jantung sehingga dapat memompa tenaga seketika saat merasa lesu.

Melihat warna merah
Melihat sesuatu yang berwarna merah juga dapat membuat terjaga dan lebih semangat. Melihat warna yang mencolok dan berapi-api membuat otot bergerak lebih cepat dan bekerja lebih keras sehingga memberikan dorongan energi ketika dibutuhkan, demikian menurut penelitian yang dilakukan University of Rochester.

Lakukan peregangan
Agar terasa lebih segar, coba lakukan peregangan. Peregangan dapat merangsang sistem saraf simpati sehingga menambahkan energi untuk tubuh dan pikiran.

Caranya, berdirilah di ambang pintu dengan badan menghadap ke depan dan kaki terpisah beberapa cm hingga menyentuh sisi kusen pintu. Berpeganganlah pada tepi kusen pintu kemudian tekan dada ke depan hingga merasakan peregangan yang terjadi di badan dan kembali ke posisi semula. Tahan posisi peregangan selama 30 detik.

Olahraga
58% wanita merasa sangat berenergi setelah berolahraga, menurut jajak pendapat yang dilakukan Health.com. Apa salahnya melakukan sedikit olahraga ringan saat istirahat makan siang. Ketika selesai berolahraga, tubuh siap untuk meneruskan pekerjaan.

Makan makanan bergizi
Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 meningkatkan suasana hati dan fungsi otak. Nutrisi ini penting untuk menghindari kelesuan saat menjelang tengah hari.

0 komentar:

Poskan Komentar