8 Tips Hemat Untuk Mahasiswa

Sabtu, 14 April 2012

Yang namanya mahasiswa seringkali (bahkan selalu) ngeluh masalah keuangan, dan kayanya ngga hanya mahasiswa aja yang mengalami gejala susah keuangan, hampir seluruh rakyat Indonesia, ngga hanya yang berada dibawah garis kemiskinan tapi juga yang udah punya rumah mewah, mobil keren dan istri banyak kadang juga mengalami kesulitan uang.
Kesulitan keuangan masih menghantui temen-teman senasib seperjuangan kita,  terlebih lagi yang merantau jauh dari orangtua yang mana keuangannya udah dijatah. Ini dia beberapa tips berhemat yang dapat membantu masalah pendanaan mahasiswa rantau:
1.Niat untuk berhemat
Percuma kalo pengen hemat tapi ngga ada niat, pasti gk bisa jalan

2.Bikin alokasi anggaran untuk setiap pengeluaran
Ini sekaligus buat belajar manajemen keuangan kamu, bikin catatan tentang berapa uang yang di kasih dari orang tua, trus bagi2 menurut masing2 pengeluaran, buat prioritas buat pengeluaran yang harus dipenuhi kaya’ buat bayar kos, buat makan sehari2, buat biaya fotokopi materi kuliah, bayar hutang klo punya dan lain sebagainya. Kalian harus nepatin apa yang sudah dialokasikan, jangan sampe ngambil duit yang udah siapkan untuk tiap keperluan buat  hal2 engga penting.

3.Bagi yang punya utang, Bayar dulu utang’a
Ni juga penting, lunasin dulu hutang2 kamu, secara hutang antar manusia itu hukumnya wajib untuk dibayar. Bayar utang g perlu langsung dilunasin, dicicil jg gpp tergantung negosiasi  sama yang ngutangin, jngn sampe demi lunasin hutang malah engga makan. Tapi jangan sampe bayar hutang dengan hutang yang baru,  jangan juga bo’ongin ortu buat lunasin utang kamu dengan dalih bwt kepentingan kuliah, ngga baik lohh.

4.Usahakan untuk bikin tabungan
Jangan ampe uang yang udah dijatah n dipilah2 tadi abis smua,sisakan untuk tabungan bwt jaga2 klo seandainya perlu duit mendadak. Klo bisa bikin tabungan di bank, ato minimal pake celengan, emang kesannya kaya anak kecil bgt tapi pake celengan cukup efektif . Klo bisa nabungnya didepan/awal bulan biar ada uang klo ditabung, alokasikan dana buat nabung dulu, g perlu banyak2, ckp 10% dari jatah bulanan. jangan nunggu sisa uang bulanan atau akhir bulan bwt ditabung. Klo jelas ada sisa sih gpp, tapi klo keburu habis kan malah g jadi nabung, y g?. Satu cara lagi, bikin niatan klo mau nabung,mksdnya gni, seandainya km abis bli sesuatu trus ada kembalian 500 perak, langsung aj masukin celengan dan bikin niatan bahwa setiap kamu punya uang 500 perak, apapun yang terjadi langsung ditabungin, g hanya 500 perak 100 perak pun gpp dan lebih besar nilai uangnya lebih baik.

5.Pilih warung makan yang ekonomis
Cari warung makan yang ekonomis, ekonomis g harus murah, bisa aj agak mahal tapi bergizi, Klo bisa cari yang enak, murah, bergizi, wlpn tmptnya agak jauh g masalah itung2 sekalian olah raga, tapi jngn yang jauh2 bgt, dan kamu juga bisa hemat dg masak sndiri.

6.Bedakan antara keinginan dan kebutuhan
Nah ini yang paling penting, dan biasanya ini adlh ujian paling berat karena ni qta sama juga dg melawan hawa nafsu. jangan sampe  ngabisin uang jatah bulanan untuk sesuatu yang kamu pengenin sedangkan kebutuhan masih jauh dari mencukupi. Klo kamu beli sesuatu hanya dengan dasar pengen, seberapapun duit yang kamu punya engga bakal pernah cukup.

8.Jangan lupa shodaqoh
Shodaqoh tu juga perlu sebagai tanda sukur qta terhadap semua rezeki dan anugrah yang udah Allah kasih k qta. Berhemat bukan berarti harus pelit, tapi berhemat tu brarti qta dapat mengelola keuangan qta dengan sebaik2nya dan jangan sampe timbul hutang diantara qta.
Ngga  ada kata terlambat buat coba jadi hemat, dan qta g perlu nunggu kesempatan karena kesempatan tu qta sendiri yang bikin asalkan ada niat dan kemauan,

0 komentar:

Poskan Komentar