Waspada! Game Palsu di Android Bisa Sedot Pulsa Otomatis

Rabu, 28 Maret 2012

  The Roar of the Pharaoh
Jakarta - Serangan yang mengancam pengguna Android semakin menjadi-jadi. Kini, ada sebuah game palsu yang membuat korbannya secara otomatis berlangganan sms premium.

Game tersebut berjudul The Roar of the Pharaoh, dan aplikasi ini tidak didistribusikan melalui Google Play, melainkan melalui penyedia pihak ketiga.

Dalam game tersebut, terselip sebuah virus yang terdeksi sebagai varian Trojan bernama Andr/Stiniter-A. Uniknya, program jahat ini tidak akan meminta akses macam-macam saat pengguna Android ingin menggunakannya.

Namun saat sudah terpasang di ponsel atau tablet Android, aplikasi ini justru mengakses beberapa data seperti nomer IMEI, jenis ponsel, ukuran layar, sistem operasi, nomer telepon, dan sms yang masuk.

Seperti dikutip detikINET dari sophos, Kamis (29/3/2012), virus tersebut juga secara otomatis mengirimkan sms premium ke nomor yang sudah ditentukan. Inilah yang akan menguras pulsa para korbannya.

Untuk mendeteksi keberadaan virus tersebut sebenarnya sangat mudah. Ponsel Android yang sudah terinfeksi akan menjalankan service bernama GameUpdateService di belakang layar. Service itu juga terlihat berkomusikasi dengan berbagai situs dengan akhiran tgloader-android.

Hingga saat ini belum ada laporan soal jumlah korban virus tersebut. Namun untuk menghindarinya para pengguna Android disarankan untuk mengunduh aplikasi hanya di tempat resmi.

0 komentar:

Poskan Komentar