Riset: Foto Facebook Cerminkan Kepribadian Anda

Sabtu, 24 Maret 2012

Foto Profil Facebook
Jakarta – Hasil riset terbaru menemukan, foto yang Anda unggah di jejaring sosial memberitahu pengguna lain tentang diri Anda. Foto-foto ini membentuk kesan tentang Anda tanpa perlu kata-kata.


Para mahasiswa yang melihat foto Facebook teman sesama kampusnya sedang bersenang-senang dengan teman lain akan dinilai sebagai extravert atau peduli pada lingkungan sosial dan fisik. “Foto nampaknya menjadi cara utama orang membuat kesan pada orang-orang di situs jejaring sosial,” kata asisten profesor komunikasi Brandon Van Der Heide di Ohio State University yang memimpin penelitian ini, baru-baru ini.

Namun ada pengecualian saat foto itu di luar hal biasa atau menunjukkan seseorang dalam cahaya yang negatif. Dalam hal ini, orang menggunakan teks profil untuk membantu menafsirkan orang macam apa yang ada di profil itu.

“Orang akan menerima foto positif Anda sebagai petunjuk siapa Anda sebenarnya. Namun, jika foto itu aneh atau negatif dilihat dari berbagai cara, orang ingin mengetahui lebih lanjut sebelum membentuk sebuah kesan,” katanya. Van Der Heide yang melakukan penelitian ini bersama Jonathan D'Angelo dan Erin Schumaker yang merupakan mahasiswa pascasarjana di bidang komunikasi di Ohio State University.

Para peneliti ini melakukan dua studi. Dalam studi tersebut, 195 mahasiswa melihat profil Facebook tiruan dari orang yang diduga sesama mahasiswa. Profil itu sendiri memasukkan foto dan pernyataan tertulis mengenai ‘tentang saya’. 

Para partisipan diminta menilai seberapa extravert mahasiswa yang ada dalam profil tersebut dengan skala 1 (paling tidak extravert) hingga 7 (paling extravert) berdasarkan foto dan teks.
Para partisipan melihat salah satu dari empat profil yang menunjukkan foto ia sedang bersosialisasi dengan teman-teman dengan teks bertuliskan ‘Saya paling bahagia saat bergaul dengan kelompok besar teman’, ini menandakan orang itu ekstrovert.

Profil kedua memiliki foto sedang sendiri di bangku taman dan teks ‘Saya paling bahagia meringkuk di dalam kamar bersama sebuah buku bagus’ yang menandakan penggunanya merupakan orang yang introvert. Dua prodil sisanya dicampur dengan foto yang menunjukkan extravert dan teks menutup diri dan sebaliknya.

Pertanyaan para peneliti untuk menjawab mana yang lebih penting, foto atau teks dalam memutuskan apakah orang itu ekstrovert atau introvert. Hasil penelitian menunjukkan, foto pada umumnya merupakan hal terpenting dalam membentuk kesan pada orang lain, tutup Van Der Heide. [mdr]

0 komentar:

Poskan Komentar