Kalahkan Andy Lau, Donny Damara Sabet Gelar Aktor Terbaik Asia

Selasa, 20 Maret 2012


"Donny Damara mempersembahkan piala yang dimenangkannya untuk dunia film Indonesia"
Film Lovely Man, dirilis 30 September 2011, membawa berkah bagi dunia perfilman Indonesia dan mengantar pemain utamanya aktor Donny Damara meraih penghargaan sebagai aktor terbaik dalam Festival Film Asia tahun ini.


Aktor bernama lengkap Donny Damara Prasadhana ini bermain sebagai waria dalam film besutan Sutradara Teddy Soeriaatmadja itu.
Berperan sebagai Syaiful, Donny adalah pria sejati yang bila malam tiba berprofesi sebagai pekerja seks waria dengan nama jalanan Ipuy.

Drama dibentangkan dalam film ini melalui potret pencarian Cahaya, anak gadis Syaiful, yang datang dari kampung ke Jakarta mencari bapaknya dan kemudian menemui kenyataan yang dicarinya ternyata seorang waria.

Ini bukan peran yang mudah, Donny mengakui, tetapi dirinya berhasil menjalaninya dengan dukungan banyak orang, terutama keluarga terdekatnya.

"Mereka benar-benar mendukung saya. Semua teman, anggota keluarga. Semua mendukung karena tahu kalau saya harus memisahkan antara peran di layar dan hidup saya di dunia nyata," katanya pada wartawan seuasai menerima penghargaan ini.

Kalahkan Andy Lau

Donny, 45, sejak tahun 1980an dikenal sebagai foto model terkenal di Indonesia dan mengatakan mempersembahkan piala kemenangannya untuk kemajuan Film Indonesia.

"Yang paling utama dulu. Terimakasih pada Asian Film Awards karena mendukung film Indonesia," kata Donny dalam sambutannya di panggung seperti ditulis Reuters.

Film Lovely Man hanya sebentar sempat dinikmati publik Jakarta karena temanya yang kontroversial menyangkut kelompok transgender di Indonesia.

Pertama kali diputar di Jakarta, film ini merupakan bagian dari Q! Film Festival 2011, yakni ajang festival pemutaran film bertema gay dan lesbian yang tiap tahun diselenggarakan di Jakarta.

Penyelenggaraan festival film ini pada tahun 2010 sempat terancam gagal akibat serbuan sekelompok orang yang mengaku anggota Fron Pembela Islam.

Dalam kategori yang dimenangkan Donny, muncul pula nama Andy Lau, aktor film Hong Kong yang sudah jauh lebih terkenal di dunia karena perannya dalam ratusan judul film Asia. Andy bermain dalam film drama berjudul Simple Life dan sebelumnya banyak dijagokan akan menyabut gelar aktor terbaik.

Penghargaan Film Asia ke-6 ini mempertandingkan 32 judul film dari seluruh kawasan untuk memperebutkan 14 penghargaan. Penghargaan diberikan dalam sebuah acara yang mewah Senin malam di kawasan pelabuhan Hong Kong yang gemerlap.

 http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2012/03/120319_donnydamarawon.shtml

0 komentar:

Poskan Komentar