EnemyGraph, Aplikasi untuk Bermusuhan di Facebook

Senin, 26 Maret 2012

 EnemyGraph
Jakarta - Selama ini Facebook adala tempat positif, kita dapat menyatakan untuk  menyukai sesuatu tetapi tidak bisa menyatakan tidak suka. Kita bisa mencari teman di Facebook tapi tidak bisa mencari musuh.

Kini hal tersebut berubah. Aplikasi terbaru EnemyGraph memungkinkan kita menambahkan musuh dalam laman profil kita, baik dari daftar teman maupun dari sesama pengguna aplikasi itu.

Setelah anda menyatakan permusuhan, maka musuh-musuh anda itu akan muncul dalam profil Facebook dialam daftar musuh dan pengguna lain bisa melihat aplikasi tersebut.

Aplikasi itu dibuat oleh Dean Terry dari Universitas Texas di Dallas. Terry menyebut karyanya sebagai  'penghujatan kepada media sosial' dan meramalkan Facebook akan menghapus aplikasinya.

Sebuah petisi yang ditandatangani tiga juta orang menyerukan adanya tombol 'tidak suka' di Facebook, tapi sejauh ini jejaring sosial tersebut belum menawarkan fasilitas tersebut.

Lima pengguna telah menyatakan  permusuhan dengan serial film Twilight, dua telah menyatakan ketidak senangan terhadap  laman pengulas film Tomatoes dan seseorang telah membuat permusuhan dengan pemenang Nobel yaitu  penulis Jerman Thomas Mann.

"Ketika saya melihat daftar teman di awal era media sosial, saya pikir mana daftar musuhnya ?" kata Terry. EnemyGraph berupaya lebih mendefinisikan hubungan antara pengguna dan entitas lain dalam seluruh grafik sosial Facebook.

'Sebagian besar jejaring sosial mencoba menghubungkan orang berdasarkan pertemanan, seperti anda ingin menyukai sebuah band tertentu, film atau tim olahraga. Saya suka mereka karena itu  saya harus menjadi teman mereka. Namun, orang juga terhubung dan termotivasi oleh beberapa hal yang mereka tidak suka. '

"Kami memberi percobaan selama beberapa pekan sebelum aplikasinya ditutup," kata Terry.

"Beberapa orang bertanya kepada kami tentang potensi penyalahgunaan. Jika anda tidak berteman dengan seseorang, atau bukan pengguna dari aplikasi, atau tidak terkenal, anda tidak akan dapat terdaftar sebagai 'musuh'. Kami juga akan memantau aplikasi itu dengan seksama."
(adm)

0 komentar:

Poskan Komentar