Diterbitkan Penerbit Ternama AS, Novel Laskar Pelangi Go Internasional

Kamis, 29 Maret 2012

 Andre Hirata, pengarang novel laris Laskar Pelangi
"Merupakan Novel Pertama Indonesia yang menembus Farrar, Strauss and Giroux (FSG)"
Kabar gembira menghampiri Andrea Hirata. Novel laris karyanya yang berjudul 'Laskar Pelangi' akan diterbitkan oleh penerbit Amerika Serikat, Farrar, Strauss and Giroux (FSG) dalam bahasa Inggris.

"Penandatanganannya sendiri dilakukan pada 12 Maret lalu di New York, diwakili Direktur Publikasi Jobathan Galassi," kata Andrea di Jakarta, hari ini (29/3).

Andrea semakin bangga lantaran FSG adalah perusahaan penerbitan paling banyak menerbitkan karya para pemenang Nobel Sastra seperti TS Eliot, Pablo Neruda, Nadine Gordimer, Seamus Heaney, dan Mario Vargas Llosa.

Kerja sama tersebut membuat mimpi Andre agar bukunya dapat diterbitkan oleh penerbit terkemuka di Amerika terwujud.

"Mudah-mudahan penandatangan perjanjian penerbitan ini membuka pintu gerbang dimulainya karya-karya sastra dari Indonesia go international," katanya.

"Saya merupakan satu-satunya orang Indonesia yang bisa menembus penerbit itu," tukas dia tanpa bermaksud menyombongkan diri.

"Laskar Pelangi" merupakan novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005.

Novel yang bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin di Belitung itu sudah difilmkan oleh Riri Riza dan Mira Lesmana serta menjadi film terlaris dengan jumlah 4,6 juta penonton.

0 komentar:

Poskan Komentar