9 Etiket Pesta Kantor yang Perlu Diketahui

Rabu, 28 Maret 2012

Meski berbentuk pesta, tetap saja ini adalah acara kantor.
Kebanyakan bidang usaha saat ini sering mengadakan acara pesta untuk karyawannya. Bentuknya bermacam-macam. Entah hanya berupa gathering, outing, atau makan dan minum bersama di kantor.

Dalam kondisi ini, biasanya situasi kantor terasa cair. Komunikasi antara karyawan menjadi lebih santai. Begitu pula batas antara atasan dan bawahan. Namun apakah kondisi saat pesta memperbolehkan karyawan untuk melakukan apa saja?

Apa pun kondisinya, entah itu pesta sekalipun, terdapat etiket yang harus dipahami karyawan. Berikut batasan-batasan yang mesti dilakukan karyawan saat menghadiri pesta kantor dari Lydia Ramsey, pakar etiket bisnis dan penulis buku Manner That Sell – Adding The Polish That Builds Profits.

1. Perlukah saya pergi?
Jangan pernah berpikir untuk tidak datang kecuali Anda betul-betul mengalami musibah atau keadaan darurat lainnya. Pesta kantor adalah bagian dari pekerjaan. Tujuannya untuk mengakrabkan hubungan antara karyawan dan kolega. Jika menghadiri acara ini terasa tidak menyenangkan, pikirkan saja bahwa ini bagian dari kerjaan. Kenakan baju terbaik Anda, dan datanglah.

2. Perlukah saya tahu siapa saja yang akan datang?
Cari tahu siapa saja yang diundang. Jika Anda berasumsi bahwa hanya divisi atau tim kerja Anda saja yang diundang, Anda mungkin tak perlu mempersiapkan diri untuk berinteraksi dengan yang lain. Beberapa tindakan untuk berakrab-akrab dengan orang lain perlu persiapan. Karenanya, mengetahui siapa yang datang dan memikirkan tema obrolan adalah salah satu cara untuk memperlancar karier Anda.

3. Berapa lama saya harus hadir?
Tinggallah cukup lama untuk berbicara dengan yang hadir di pesta kantor – tentu saja jika yang hadir tidak ribuan orang. Untuk pesta yang dihadiri banyak orang, berinteraksilah dengan banyak orang semampu Anda, terutama orang-orang penting seperti atasan Anda. Anda tetap perlu ada di tempat setidaknya satu jam atau jika tidak Anda akan menimbulkan kesan kedatangan Anda cuma basa-basi.

Jika Anda merasa betah, perhatikan jam Anda. Tinggalkan pesta sebelum berakhir. Jika undangannya tertera dari jam lima sore hingga tujuh malam, pergilah sebelum jam tujuh. Tentunya Anda tidak ingin menjadi kru yang akan membereskan sisa-sisa pesta, kan?

4. Pakaian apa yang harus saya kenakan?
Ingatlah bahwa ini adalah pesta kantor. Jika acara berlangsung begitu jam kerja berakhir, pakaian kerja Anda tetap pantas. Jika pesta berlangsung cukup malam atau di akhir pekan, pilihan Anda akan bervariasi tergantung pada tipe acara. Jika Anda tidak yakin apa yang harus dikenakan, tanya langsung pada penyelenggara atau rekan kerja Anda. Pastikan pakaian Anda merefleksikan profesionalitas Anda.

5. Apakah keluarga saya diundang?
Tidak, kecuali dinyatakan demikian di undangan. Bawa anak Anda hanya jika di undangan tertera “dan keluarga”. Jika tidak, lebih baik jangan membawa keluarga. Begitu pula jika di undangan tertera “dengan pasangan” maka Anda bisa datang berdua.

6. Apa yang akan kubicarakan?
Lebih baik berpikir bukan apa yang harus saya katakan, tapi ini tentang apa yang dikatakan orang lain. Kuncinya, biarkan orang lain berbicara. Percakapan terbaik bisa dimulai dengan bertanya “bagaimana pendapat Anda...” kemudian bisa dilanjutkan “itu menarik. Saya ingin tahu lebih lanjut pendapat Anda.”

7. Seberapa banyak Anda harus makan dan minum?
Entah acara pesta ini cukup ringan atau besar sekalipun, ingatlah untuk menjaga pola makan dan minum Anda supaya tidak berlebihan. Anda datang bukan untuk makan. Jadi tahan diri Anda untuk tidak mengisi piring Anda penuh-penuh. Begitu pula jika pesta itu menyediakan minuman beralkohol. Tetap jaga diri Anda tetap sadar supaya Anda tidak terjerumus melakukan kebodohan. 

8. Haruskah saya membawa oleh-oleh?
Kecuali Anda diminta membawa barang untuk dipertukarkan dengan rekan kerja, maka satu-satunya benda yang Anda bawa sebagai oleh-oleh, akan diperuntukkan bagi tuan rumah atau penyelenggara. Jika minuman alkohol diperkenankan, Anda bisa membawa sebotol wine. Begitu pula makanan, lebih baik tanyakan makanan apa yang sebaiknya Anda bawa, atau ketika masih ada kekurangan untuk konsumsi.

9. Apakah diperkenankan untuk bernyanyi atau menari?
Sekali lagi lihat dulu tema pesta kantor. Bersenang-senang dengan bernyanyi ala di karaoke atau menari di atas meja bar bukanlah hal tepat yang dilakukan di acara pesta kantor. Tetap jaga perilaku Anda. Meski mungkin di acara pesta tersebut, ada bagian ketika para karyawan harus menyumbang atraksi.

0 komentar:

Poskan Komentar