5 Alasan Menggunakan Sepeda ke Tempat Kerja

Senin, 26 Maret 2012

Hidup lebih lama, meningkatkan kesehatan, lebih berenergi, murah, dan menyenangkan. Bersepeda membuat Anda menjadi lebih baik dalam segala cara. Di bawah ini sedikit alasan, beserta beberapa statistik menarik, mengapa Anda harus bersepeda menuju tempat kerja (bike to work).


1.Merasa lebih senang
Cukup habiskan lebih banyak waktu di luar ruangan akan menghibur Anda. Ini berkat kemampuan sinar matahari untuk meningkatkan hormon serotonin. Manfaat lain mendapatkan cahaya matahari lebih adalah Anda akan tidur lebih baik dan lebih lama.
Para peneliti Stanford University School of Medicine meminta penderita insomnia bersepeda selama 20-30 menit setiap hari. Hasilnya? Jumlah waktu tidur yang dibutuhkan untuk penderita insomnia berkurang setengah dan waktu tidur mereka meningkat hampir satu jam semalam.

2.Hidup lebih lama
Menurut Yayasan Jantung Inggris, sekitar 10.000 serangan jantung fatal dapat dihindari setiap tahun jika orang menjaga diri lebih bugar. Studi dari Universitas Purdue di Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa bersepeda biasa - bahkan sedikitnya 32 kilometer seminggu - dapat memotong risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

3.Lebih murah
Harga BBM yang melambung dan kemacetan Jakarta bisa membuat Anda mengeluarkan uang lebih hanya untuk transportasi. Bersepeda memberi alternatif jauh lebih murah dibanding transportasi lain.

4.Lebih langsing
Satu studi baru menunjukkan bahwa bersepeda dengan kecepatan tinggi membuat lemak tubuh terbakar 3,5 kali lebih cepat dibanding mereka yang bersepeda terus-menerus dalam kecepatan yang lebih lambat. Bahkan menurut Forum Nasional untuk Penyakit Jantung Koroner Yayasan di AS, pengendara sepeda bisa menikmati tingkat kebugaran yang sama dengan orang yang 10 tahun lebih muda.

5.Menyelamatkan Bumi
Jika alasan sebelumnya menyebut alasan pribadi, alasan terakhir ini menjadi alasan kita secara sosial. Kita wajib menyelamatkan Bumi, satu-satunya lokasi manusia bisa hidup. Sepeda adalah mesin yang efisien karena membuat Anda melakukan perjalanan tiga kali lebih cepat dibanding berjalan, namun dengan jumlah energi yang sama. Efek terpentingnya adalah Anda tidak menyumbang emisi karbon apa pun yang bisa memperparah pemanasan global.
 

0 komentar:

Poskan Komentar